iPhone Tidak Bisa di Charge Masalah dan Solusi

cara memperbaiki iphone tidak bisa ngecharge

iPhone tidak bisa ngecharge padahal sudah dicolok listrik semalaman ? Yak permasalahan klasik ini memang cukup sering dialami oleh pengguna hp baik Android maupun iPhone. Hp tidak bisa di charge adalah salah satu masalah yang paling sering dialami setelah menggunakan hp dalam waktu lama. Penyebabnya ada banyak dan untuk mengetahui apa penyebabnya, kamu perlu memperhatikan beberapa komponen iPhone yang berhubungan dengan pengisian daya. Kalau iPhone kamu mengalami masalah ini, jangan buru-buru bawa ke service center karena siapa tahu bisa diperbaiki sendiri.

Setiap pengguna iPhone bisa saja mengalami kejadian dimana baterai iPhone tiba-tiba tidak bisa di-charge. Kalau kita berbicara tentang iPhone yang telah beroperasi lebih dari satu tahun, maka kehilangan kapasitas baterai secara alami mungkin menjadi penyebab kerusakan ini. Dalam hal ini, satu-satunya jalan keluar adalah mengganti baterai.

Akan tetapi, kalau iPhone baru tidak mau di charge, itu bisa jadi disebabkan karena adanya glitch software atau kerusakan adaptor daya, kabel Lighting, atau hal lain yang membuat proses charge iPhone bermasalah.

Cara Memperbaiki iPhone tidak Bisa Ngecharge

1.Cek Kabel dan Adaptor Charger

Kalau iPhone tidak bisa di charge, coba cek kondisi kabel USB dan adaptor charger. Meski dikenal sebagai hp mahal, bukan berarti semua komponen pendukung iPhone punya kualitas bagus. Kabel charger iPhone paling sering dikeluhkan banyak pengguna karena mudah rusak. Penyebab kabel charger iPhone mudah rusak adalah karena tidak menggunakan bahan PVC sehingga mudah terkelupas. Selain itu, leher kabel tidak dilengkapi strain relief sehingga ketika kabel tertekuk, bagian leher (sambungan kabel ke konektor) kabel lebih mudah patah. Nah jika kamu menemukan kerusakan pada kabel atau adaptor charger, wajar saja iPhone tidak bisa di charge. Untuk memastikan kabel dan adaptor rusak, gunakan untuk isi daya iPhone lain. Jika hp Apple lain tidak bisa di charge juga, bisa dipastikan kabel dan adaptor kamu rusak. Segera beli kabel dan adaptor baru yang bersertifikat MFI (Made for iPhone/iPad/iPod).

2.Cek Konektor atau Charger Port Lightning

Kalau kabel dan adaptor charger kamu tidak bermasalah, bisa jadi penyebab hp tidak bisa di charge adalah karena port pengisian daya atau charger port kotor. Port charger yang kotor karena debu bisa menggangu proses pengisian daya. Debu yang menumpuk pada konektor bisa menghalangi arus listrik antara pin konektor pada iPhone dan pin charger pada kabel USB.

port charger iphone bermasalah

Cara membersihkan port Lightning pada iPhone sangat mudah. Pertama siapkan kain tipis halus dan bersih. Bersihkan setiap celah port Lightning dengan seksama. Setelah itu, tiup port Lightning dengan mulut atau blower kecil. Jika kondisi port sudah bersih, coba colokan kabel charger ke iPhone kembali.

3.Coba Factory Reset iPhone

Jika hp Apple kamu masih tidak bisa di charge, coba restart ulang hp kamu. Jika setelah di restart iPhone tetap tidak bisa diisi ulang dayanya, coba reset ulang iPhone kamu. Reset atau factory reset adalah mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik. Factory reset akan menghapus semua setingan dan eror yang terjadi pada iPhone. Factory reset perlu dicoba karena siapa tahu penyebab iPhone tidak bisa di charge adalah karena ada eror pada iPhone.

how to reset your iphone

Sebelum melakukan factory reset, pastikan data-data iPhone sudah di backup ke komputer atau layanan iCloud. Cara factory reset iPhone berbeda-beda tergantung tipe atau model iPhone.

4.Kamu Memakai Charger Non-Original Apple

Banyak orang yang lebih memilih membeli charger non-original Apple (alias charger KW) karena harganya beberapa kali lebih murah dari charger original Apple. Namun! Saya sangat tidak merekomendasikan hal ini! Jangan membeli atau menggunakan carger non-original yang murah.

non original charger iphone

 

Nah, kalau kamu menggunakan carger non-original dan iPhonemu tidak mau nge-charge, saya tidak akan banyak basa basi lagi karena itu sudah jelas, penyebabnya berasal dari charger KW kamu.

Mungkin, beberapa dari kalian ada yang pernah melihat pesan “This accessory may not be supported,” atau “Aksesori ini tidak didukung.” Mungkin ada beberapa alasan untuk ini dan saya akan menjelaskannya dalam artikel lain. Saya hanya akan mengatakan satu hal — dimulai pada iOS 7, Apple telah mengajarkan perangkat untuk mengenali keaslian kabel charging. Sebuah chip khusus dipasang di kabel Lightning, yang memungkinkan iPhone mengenali kabel original. Jadi cobalah gunakan charger original untuk charging iPhone kamu.

5.Glitch Software

Percaya atau tidak, tapi dalam kebanyakan kasus, penyebab utama kenapa iPhone tidak mau nge-charge ada di software, bukan di hardware. Supaya kamu tahu, di dalam iPhone ada controller (chip on the board), yang bertanggung jawab untuk charging baterai. Controller ini bekerja di bawah bimbingan software. Jadi, saat kamu menghubungkan kabel ke iPhone, daya tidak dipasok langsung ke baterai, tapi pertama-tama ke controller tersebut, yang pada gilirannya tunduk pada program yang dijahit ke ponsel.

Dari sini kita mengetahui sebuah fakta kalau komponen software iPhone mengenali ketika sumber arus terhubung ke ponsel dan menginstruksikan controller untuk memulai proses charge. Kalau software dalam keadaan mati, tidak akan ada perintah yang diberikan untuk charging iPhone.

Cara untuk mengatasi masalah glitch software pada iPhone

1) Hard Reset iPhone

Cara untuk hard reset iPhone, Tekan dan tahan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan (iPhone 7 dan yang lebih baru) atau tombol Power dan Home secara bersamaan (iPhone 6S dan yang lebih lama). Tetap pegang keduanya hingga kamu melihat logo Apple muncul di layar kamu, lalu lepaskan.

Sekarang coba charging iPhone kamu sekali lagi. Kalau iPhonemu masih tidak bisa di charge, lanjutkan dengan perbaikan software yang lebih komprehensif yakni masuk ke DFU Mode.

2) Masukkan iPhonemu ke DFU Mode dan Restore

Penting! Pastikan kamu backup iPhone ke iTunes sebelum melangkah lebih jauh.

Apa yang akan kamu lakukan adalah sesuatu yang disebut DFU Restore. (Ini adalah istilah biasa untuk reset ke pengaturan pabrik). Ya, itu berarti semua data kamu di iPhone akan terhapus sehingga mungkin lebih baik untuk membuat backup iPhone sebelum mereset ke awal.

Masalahnya adalah, setiap kali masalah apa pun yang kamu bawa kepada mereka, kalau mereka melihatnya sebagai iPhone yang rusak, mereka akan selalu mereset perangkat ke pengaturan pabrik sebelum melanjutkan ke perbaikan hardware. Juga menyebalkan karena mereka akan membebankan biaya perbaikan mahal untuk hanya melakukan sesuatu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Jadi, kamu sebaiknya menghemat waktu dan uang kamu yang berharga dengan melakukannya sendiri. Ini sangat sederhana.

Langkah 1: Silakan dan colokkan iPhone kamu ke komputer kamu dan buka iTunes. (Tidak masalah apakah iPhone kamu hidup atau mati)

Langkah 2: Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Home kamu bersama selama 8 detik.

Langkah 3: Setelah 8 detik, lepaskan tombol Power tetapi terus menahan tombol Home sampai kamu melihat bahwa iTunes menunjukkan “iTunes telah mendeteksi iPhone dalam mode pemulihan”.

Langkah 4: Sekarang lepaskan tombol Home. Layar iPhone kamu harus sepenuhnya hitam, yang berarti kamu telah berhasil memasuki DFU Mode. (Jika tidak, coba lagi dari awal)

Langkah 5: Dari sini, kamu bisa restore iPhone menggunakan iTunes.

itunes restore iphone

Gimana nih sharing artikel mengenai iphone tidak bisa ngecharge, pasti anda terbantu kan. Jika masih ada permasalahan berat terkait dengan iphone anda silahkan hubungi IREPAIR ABA sebagai pusat service iPhone terbaik saat ini. Kami akan dengan senang hati membantu anda.

Baca juga : iPad Mati Total Tidak Bisa Nyala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *